Budayakan Literacy School dan Reading Habit

Budayakan Literacy School dan Reading Habit

November 28, 2012 0 By YustianS

Reading Habit. (Dok.SMP2012)

Berawal dari  pengarahan dan berbagi pengalaman dari Bapak Satria Dharma tentang program Literacy School di SMAN 5 Surabaya, pada bulan Oktober 2012 yang lalu, diadakanlah pertemuan antara Bapak Satria Dharma dan guru – guru SMP Plus Airlangga.

Sejak  tanggal 16 Oktober 2012, dimulailah kegiatan Literacy  School pada siswa – siswa SMP Plus Airlangga. Sekolah menetapkan bahwa setiap hari  Selasa, Kamis dan Jumat, 25 menit sebelum jam pelajaran berakhir, diwajibkan membaca  buku bagi siswa dan guru. Mengapa hanya Hari Selasa, Kamis dan Jumat, karena pada Hari Senin dan Kamis secara bergiliran juga ada program lainnya yaitu : Sholat berjamaah dan Reading Habit, yang pelaksanaannya juga 25 menit sebelum jam pelajaran berakhir.

Dalam program Literacy School, siswa-siswa diwajibkan membaca buku referensi yang disediakan oleh sekolah, kemudian siswa harus mencatat  banyaknya halaman yang sudah dibaca dalam lembar  monitor, kemudian setelah menyelesaikan satu buku referensi, siswa diwajibkan membuat  sinopsis dari buku yang telah dibacanya. Sesudah membuat sinopsis, siswa dapat melanjutkan membaca buku referensi yang lainnya. Setiap  lembar monitoring mendapatkan pemantauan oleh setiap guru yang mengajar pada jam dilakukannya  Literacy School.
Program Literacy School dan Reading Habit berjalan beriringan dan saling mendukung dengan tujuan yang sama yaitu membudayakan atau membiasakan siswa untuk membaca. Dari membaca literatur atau teks bacaan yang bermuatan positif diharapkan dapat memberi manfaat kebaikan bagi yang membacanya.  Sehingga siswa akan terus merasa ‘haus’ untuk membaca  dan mengembangkan serta menambah wawasan ilmu pengetahuan. (red)