OTIK Tingkat SMP Se-Kalimantan Timur

OTIK Tingkat SMP Se-Kalimantan Timur

Februari 20, 2013 0 By kepsek

Sabtu, 16 Februari 2013, Pukul 04.30 wita siswa – siswa SMP        Plus Airlangga dengan semangat pagi  mengadakan perjalanan ke Samarinda untuk mengikuti  Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat SMP yang diselenggarakan oleh  SMK TI Samarinda.  Cuaca yang tidak bersahabat, hujan sepanjang perjalanan juga banjir di beberapa titik kota di Samarinda tidak menghalangi semangat  siswa – siswa SMP Plus Airlangga  menuju tempat lomba. Ajang ini telah menjadi even lomba tahunan. Tahun 2013 ini adalah tahun ke-2 SMK TI Airlangga Samarinda mengadakan kegiatan ini, dan setiap tahun akan terus menjadi even tetap dalam Olimpiade TIK.

SMK TI Airlangga Samarinda yang menjadi penggagas pertama olimpiade TIK di Kalimantan Timur ini merupakan ajang  siswa – siswa  tingkat  SMP di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Jadi  kegiatan  ini menjadi sangat menantang dan penting bagi siswa – siswa yang mulai mampu menyerap dan mengaplikasikan  Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolahnya masing – masing.  Apalagi kemajuan teknologi yang semakin dinamis, menuntut siswa – siswa dan Guru Mata pelajaran TIK untuk terus mengasah kemampuan dalam bidang tersebut.

Dengan persiapan yang terbatas dan seleksi yang belum memadai, SMP Plus Airlangga tidak ketinggalan untuk mengikut sertakan siswa – siswanya yang berkompeten di bidang TIK dalam Olimpiade TIK ini.  Mereka adalah FebriantoSimatupang (Kelas IX-1), Richard (Kelas IX-1),  Suhendar Pilahu (IX-1), Ni’matur Rupi’ah (Kelas VIII-2) dan Chaterin Tandilolo (Kelas VIII-1).  Berbekal semangat dan mencari pengalaman dalam even lomba yang pertama kali diikuti oleh siswa – siswa tersebut, mereka turut  serta dalam olimpiade tersebut.  Memang tidak terlalu berharap banyak untuk menjadi juara, karena kemampuan dari siswa – siswa peserta lain tentu juga sangat tinggi, namun dari mengikuti  even di bidang ini, setidaknya menjadi pengalaman di tahun – tahun berikutnya, untuk lebih mempersiapkan diri dalam mengikuti ajang olimpiade tersebut.

Banyak peserta  yang mengikuti  OTIK tingkat SMP ini, ada beberapa kota yang mengikuti  yaitu Samarinda, Balikpapan, Tenggarong dan Penajam.  Menurut panitia olimpiade, ada peningkatan jumlah peserta yang mengikuti tahun ini. Ini berarti  Olimpiade TIK  merupakan  Olimpiade yang  memang sedang trend di kalangan remaja setingkat SMP.  Memang di sekolah mereka mendapatkan mata pelajaran TIK, tetapi  biasanya  siswa – siswa yang ‘mencintai’  dunia teknologi  akan lebih tertantang  untuk belajar lebih dari yang dia dapat  di  sekolah.  (Red. Kata tutor siswa SMP Plus Airlangga, Tami : “ Ilmu TIK gak ada matinya, dengan mempelajari semakin dalam semakin penasaran kita dibuatnya untuk terus mencari tahu”)

Kepala SMP Plus Airlangga, Peny Kristin K. , sangat mendukung kegiatan ini.  Bahkan tahun depan akan  dipersiapkan lebih matang lagi. Sehingga siswa – siswa yang mengikuti kegiatan ini  mempunyai daya saing dengan peserta lainnya dari berbagai kota di Kalimantan Timur.